728x90 AdSpace

  • Latest News

    Contact Online

    Jumat, 19 Februari 2016

    Superman memori


     Superman memori


    Membuka era baru pengarsipan data yang kekal, para ilmuwan di University of Southampton telah mengembangkan rekaman dan pengambilan proses lima dimensi (5D) data digital menggunakan tulisan laser yang ultrafast dalam gelas berstrukturnano.

    sifat penyimpanan belum pernah terjadi sebelumnya termasuk 360 TB (terabyte) / data kapasitas disk, stabilitas termal hingga 1.000 derajat Celcius dan seumur hidup hampir tak terbatas pada suhu ruangan(13,8 miliar tahun pada 190 derajat Celcius), kata para peneliti.

    "penemuan ini sangat mendebarkan untuk berpikir bahwa kita telah menciptakan teknologi untuk melestarikan dokumen dan informasi dan menyimpannya dalam ruang untuk generasi mendatang teknologi ini dapat mengamankan bukti terakhir dari peradaban kita. Semua yang telah kita pelajari tidak akan terlupakan," Peter Kazansky, profesor di University of Southampton di Inggris, mengatakan dalam sebuah pernyataan resmi.

    Sebagai bentuk yang sangat stabil dan aman dari memori portabel, teknologi bisa sangat berguna untuk organisasi dengan arsip besar, seperti arsip nasional, museum dan perpustakaan, untuk melestarikan informasi dan catatan mereka.

    Teknologi ini pertama kali eksperimental menunjukkan pada tahun 2013 ketika 300 kb (kilobyte) salinan digital dari file teks berhasil direkam di 5D.

    Sekarang, dokumen utama dari sejarah manusia seperti Universal Declaration of Human Rights (UDHR), Newton Opticks, Magna Carta dan Kings James Bible, telah disimpan sebagai salinan digital yang bisa membantu pemenuhan penyimpanan digital.

    Dokumen dicatat menggunakan laser yang ultrafast, memproduksi pulsa sangat pendek dan intens cahaya. File ini ditulis dalam tiga lapisan titik berstrukturnano dipisahkan oleh lima mikrometer (sepersejuta meter).

    Struktur nano rakitan mengubah perjalanan cara cahaya melalui kaca, memodifikasi polarisasi cahaya yang kemudian dapat dibaca oleh kombinasi mikroskop optik dan polariser, mirip dengan yang ditemukan dalam kacamata Polaroid.

    Diciptakan sebagai 'Superman memori kristal', sebagai memori kaca telah dibandingkan dengan "kristal memori" yang digunakan dalam film Superman, data tersebut direkam melalui struktur nano rakitan dibuat dalam kuarsa menyatu, para peneliti menjelaskan.

    Informasi encoding diwujudkan dalam lima dimensi: ukuran dan orientasi di samping posisi tiga dimensi dari struktur nano.

    Studi ini akan menyuguhkan di industri Photonics ini terkenal SPIE-Masyarakat Internasional untuk Optical Engineering Conference di San Francisco, AS, Rabu.



    jangan buang pecahan kaca dirumah ... its only joke

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Superman memori Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top